Monday, March 14, 2011

Film

     Baru aja nonton King's Speech. Film dengan tema yang ga biasa, tentang seorang raja yang punya kelainan bicara yaitu gagap. Dalam dialog film itu dipaparkan bahwa ternyata gagapnya sang raja sudah dimulai sejak usia muda. Bagaimana sang raja yg kidal dipaksa menggunakan tangan kanan, atau bagaimana sang raja dilecehkan oleh saudaranya atau bahkan ayahnya sendiri.
    Saya bukan mau cerita mengenai alur cerita, setting tempat dan sebagainya. Saya justru tertarik kenapa bisa ide cerita seperti itu menjadi film yang bagus.  Ini tentang perjuangan seseorang untuk melawan keterbatasannya. Tekanan lingkungan yang bisa membuat seseorang mengalami gangguan perkembangan. Ini ide yang luar biasa.
    Mungkin masih ingat film Rain Man? Tentang seorang penderita autis dengan kemampuan luar biasa  Ini juga tema yang luar biasa.  Ada beberapa lagi film mengenai gangguan perkembangan namun saya tidak ingat judulnya.
    Film-film ini bukan hanya menjual aktor-aktris saja, namun didukung riset yang kuat dan menunjang jalan cerita. Jadi banyak pengetahuan yg didapat dari menonton film-film tersebut.
    Jadi ingat sinetron Indonesia mengenai orang gagap, dengan penampilan yang (maaf) bloon. Memang genrenya komedi, tapi kok banyak kejanggalan dalam menggambarkan kelainan gagapnya.
Belum lagi sinetron lain mengenai dokter-pasien-perawat yang dialog ga jelas, nama penyakit aneh, penyakit itu2 aja (trauma kepala, kanker, amnesia) dan tetap tidak didukung riset yang bagus sehingga hasilnya jadi film yang aneh.
     Di jaman internet seperti ini, begitu mudahnya mencari data yang dibutuhkan untuk mendukung cerita tersebut. Namun mungkin mereka terlalu malas, hingga detail2 kecil yang penting justru terlupakan. Atau kalo mereka gagap teknologi (yang mana ini ga mungkin terjadi) mereka toh bisa melakukan wawancara dengan narasumber yang menguasai materi. Usaha dikit deh, biar keliatan realistik..




1 comment:

Unknown said...

Mereka hanya mementingkan sisi komersialnya